Bata Ringan Balikpapan


Cara Pemasangan Dinding Bata Ringan


Seperti halnya bata merah dan batako, struktur material dinding menggunakan bata ringan juga membutuhkan bahan-bahan lainnya seperti perekat, plesteran, serta acian. Pengerjaan finishing tersebut akan membuat bata ringan lebih awet sehingga bangunan Anda tetap tampil prima dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memberikan hasil yang optimal serta penggunaan bahan yang efisien, maka diperlukan langkah-langkah pemasangan bata ringan secara tepat dan benar. Dengan langkah dan jumlah material yang tepat, Anda dapat membuat konstruksi dinding bata ringan yang lebih kuat, rapi, awet, serta tidak boros bahan.

Jika material bahan berupa bata ringan, semen instan, serta air sudah siap, maka yang pertama kali dikerjakan adalah menentukan arah kerataan dinding dengan menggunakan benang.

Rendam bata ringan dalam air untuk mencegah pengerasan semen terlalu cepat. Bata ringan cukup direndam beberapa saat saja.

Buat pasta untuk perekat bata ringan dari campuran air dengan semen instan. Rasio campuran adalah 9,5-10,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Gunakan air bersih agar daya rekat semen instan dapat maksimal.

Siapkan perekat dengan ketebalan 3 mm pada tiang kolom serta 10-20 mm untuk bagian alas bata ringan. Pasang mulai dari sudut dinding. Gunakan palu untuk meratakan pemasangan dengan cara mengetok-ngetok bata ringan.

Gunakan perekat setebal 3 mm antar pasangan bata. Pastikan pasangan bata terpasang dengan rapi dan rata. Gunakan waterpass untuk memastikan kerataan pasangan bata.

Langkah finishing terakhir setalah membiarkan bata selama 24 jam agar mengering sempurna sebelum siap untuk diplester adalah sebagai berikut.

Plesteran Bata Ringan
Setelah menyelesaikan pemasangan bata ringan, berikutnya dinding bata ringan diberikan plester. Fungsi dari plester adalah untuk menutup pasangan bata tadi. Dengan diplester, dinding akan menjadi rata dan lebih kokoh.

Sebelum diplester, dinding bata ringan dibersihkan terlebih dahulu. Caranya bisa dengan disiram atau diperciki air secukupnya. Dengan dibasahi, plesteran juga akan terikat semakin kuat serta tidak cepat kering saat dipasang.

Plester dan Acian pada Dinding Bata Ringan
Selanjutnya, memasang papan pembatas bidang kerja pada tepi dinding. Lajur dipasang setiap ±1 meter dengan ketebalan sekitar 10 mm (sesuai ketebalan plesteran).

Pasta untuk plesteran dibuat dengan campuran air dan semen instan dengan rasio 6-6,5 liter air untuk 40 kg semen. Ketebalan yang disarankan adalah 10 mm.

Apabila dinding terpapar matahari, gunakan pelindung atau terpal untuk melindungi dinding dari sinar matahari agar tidak mengering terlalu cepat.

Diamkan plesteran selama 2-3 minggu ketika penyusutan telah berhenti. Apabila pengacian dilakukan ketika plesteran masih basah, akan berpotensi menimbulkan retak rambut pada dinding akibat penyusutan pada material plesteran.

Acian Bata Ringan
Setelah diplester, dinding bata ringan perlu diberikan lapisan acian. Acian berfungsi untuk menutupi pori-pori pada dinding dan membuat dinding terlihat lebih halus. Acian juga melindungi dinding dari lembab karena terbukanya pori-pori pada dinding.

Pasta untuk acian dibuat dengan campuran semen instan dan air dengan rasio 13,5-14,5 liter air untuk 40 kg semen instan. Ketebalan yang disarankan adalah 1–3 mm. Namun, apabila Anda ingin membuat acian dengan ketebalan 3 mm, pengacian perlu dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dibuat acian dengan ketebalan sekitar 1-1,5 mm, kemudian dibiarkan mengering. Setelah itu, diberi lapisan acian lagi hingga mencapai ketebalan 3 mm.

Gunakan roskam untuk mengaplikasikan acian. Acian diaplikasikan dengan gerakan searah. Kemudian, acian dihaluskan dengan kuas basah dan digosok dengan kertas semen.

Demikian hal yang harus diperhatikan dalam perlakuan proses pengerjaan plesteran dan acian pada dinding bata ringan. Teknik aplikasi serta campuran material yang benar akan membuat dinding bata ringan menjadi halus, rata, serta mulus. Bangunan Anda tentu akan menjadi lebih kokoh, rapi dan menawan.

Sumber

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bata Ringan Balikpapan"

Post a Comment